BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Peternakan ayam broiler ini bagi kalangan pengusaha adalah suatu investasi yang
sangat menggiurkan. Betapa tidak? karena masa pengembalian modal sangat begitu
cepat dan masa ternaknya begitu relatif singkat yaitu minggu ke-4 atau 5 bisa
langsung di panen. Dengan segala keunggulan yang bisa di dapat maka peternakan
ayam sangat menjanjikan bagi pengusaha dalam memperoleh keuntungan finansial. Bagi
kalangan masyarakat adalah ditinjau dari segi gizi ayam merupakan sumber
protein hewani bagi manusia. Kualitas protein hewani jauh lebih baik
kualitasnya dibandingkan protein nabati karena kandungan asam amino
esensialnya. Hal ini bisa menjadi indikasi pertimbangan bagi pengusaha untuk
memperoleh peluang bahwa penjualan ayam sangat tinggi dan cerah. Lagi pula
faktor-faktor yang mendukung perkembangan peternakan ayam sudah memadai.
Misalnya, pertumbuhan populasi penduduk dengan bertumbuhnya populasi ini maka
kebutuhan akan daging ayam akan semakin tinggi, pendapatan ekonomi menengah
sudah stabil dan terus meningkat maka kebutuhan akan konsumsi daging ayam akan
tinggi juga dan lain-lain.
B. Tujuan
Usaha
Membantu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan daging hewani berupa ayam dan
menjadi pemasok bagi perusahaan yang jenis usahanya dalam pengolahan daging
ayam.
Manfaatnya
sendiri adalah memberikan keuntungan finansial bagi orang yang ikut kerjasama
dengan usaha peternakan ini.
C. Deskripsi
Usaha
Peternakan ayam broiler (pedaging) komersial mungkin baru di dengar oleh
sebagian orang. Tidak semua orang memahami asal usul perkembangan ayam broiler
meskipun hampir setiap hari orang mengkonsumsi daging atau pun telur ayam
broiler. Bagi mereka ketidakpahaman tersebut memang tidak perlu dipersoalkan
tetapi bagi peternak atau calon peternak pengetahuan tentang asal usul ayam
broiler dari waktu ke waktu penting dimiliki. Berkaitan dengan hal tersebut
maka dikenal istilah ayam broiler komersial karena usaha peternakan hewan
unggas ini tidak terlepas dari orientasi atau tujuan mendapatkan keuntungan.
Peternakan ayam ini untuk jenis usaha dalam penggemukan Day Old Chick (D.O.C)
agar mencapai bobot kisaran 2-3 kg / ayam
BAB II PEMBAHASAAN
A. Aspek Analisis Pasar
dan Pemasaran
1.
Produk yang Dihasilkan
Pada kesempatan kali ini bahwa peternakan ayam broiler
komersial output yang dihasilkan adalah ayam dengan ukuran 2-3 kg per ayam.
Kenapa demikian karena pada saat produk ayam mencapai berat 2-3 kg merupakan
produk ideal yang sering dipesan oleh perusahaan. Apabila melebihi takaran
berat yang sudah ditentukan harganya akan berkurang dan pula apabila beratnya
pun kurang harga yang di sepakati akan berkurang juga. Jenis ayam broiler seperti
ini yang sering dicari dan diperjual belikan kembali oleh pihak-pihak
perusahaan kepada perusahaan lain seperti makanan siap saji. Produk dari ayam
broiler yang strains Cobb dari jenis Light Sussex menguntungkan dari segi
pertumbuhan karena jenis ayam ini kuat terhadap rentan penyakit yang tidak
secara umum terjadi pada jenis ayam lain. Kelebihan yang dimiliki oleh ayam
tersebut membuat keuntungan bagi peternak bahwa untuk mencapai panen ayam jenis
ini sangat sedikit sekali terjadinya kematian dan produksinya sesuai dengan
target yang diharapkan. Maka mencapai keuntungan yang optimal dan pengembalian
modal akan cepat pada titik BEP-nya.
B. ANALISIS SWOT DAN
STRATEGINYA
KEKUATAN
( STRENGHT )
1. Iklim
yang cocok untuk usaha beternak ayam
broiler
2. Lahan
untuk beternak masih tersedia dan cukup strategis
3. Bisa
meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga
4. Tersedianya
sarana transportasi
5. Dapat menggunakan sistem kemitraan untuk
memperoleh bibit
6. Pertumbuhan dan pertambahan yang cepat
KELEMAHAN
( WEAKNESS )
1. Cara
beternak yang masih bersifat tradisional
2. Keterampilan
peternak masih rendah
3. Angka
kematian ternak yang masih relatif tinggi
4. Pengembangan
usaha ternak ayam masih sebagai usaha sampingan
dan belum mendalami
5. Cuaca yang kadang tidak menentu
PELUANG (
OPPURTUNITIES )
1. Peluang
ekonomi yang cukup baik sehingga dapat dijadikan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan keluarga
2.
Peluang pasar yang masih tinggi ini dikarenakan banyak masyrakat yang memilih mengkonsumsi ayam broiler
3. Permintaan daging ayam yang selalu
meningkat
4. Akses pasar yang mudah
ANCAMAN ( THREATS )
1. Harga
pakan ternak yang tidak stabil harganya
2. Rentannya
ayam broiler terjangkit penyakit menular
3. Banyak jenis usaha
yang sama sebagai pesaing
4. Harga jual yang fluktuatif
KEKUATAN ( STRENGHT )
- PELUANG ( OPPURTUNITIES )
1. Perbanyakan populasi ayam broiler
2. Mengembangkan kualitas pekerja
3. Penambahan pendapatan keluarga meningkat
4. Meningkatkan kualitas dari ayam broiler
KELEMAHAN ( WEAKNESS )
- PELUANG (OPPURTUNITIES )
1.
Pengembangan sistem berternak tradisional menjadi
modern
2.
Meningkatkan pembinaan peternak akan pentingnya
kesehatan ayam broiler
3.
KEKUATAN ( STRENGHT )
- ANCAMAN ( THREATS )
1.
Pengembangan efisiensi usaha ayam broiler
2.
Menjalin hubungan dengan konsumen
KELEMAHAN ( WEAKNESS )
- ANCAMAN ( THREATS )
1.
Penerapan teknologi modern
2.
Peningkatan aksebilitas terhadap konsumen ayam broiler
3.
Peningkatan manajemen usaha ayam broiler
C. LEMBAGA PEMASARAN
Lembaga dan Saluran
Tataniaga
Saluran
pemasaran dapat berbentuk secara sederhana dan dapat pula rumit sekali. Hal ini
tergantung dari macam komoditi lembaga pemasaran dan sistem pasar. Sistem pasar
yang memonopoli mempunyai saluran pemasaran yang relatif sederhana, sedangkan
dibandingkan dengan sistem pasar yang lain. komoditi pertanian yang lebih cepat
ke tangan konsumen dan yang tidak mungkin nilai ekonomi yang tinggi, biasanya
mempunyai saluran pemasaran yang relatif sederhana.hal demikian tergantung dari
macam komoditi lembaga pemasaran dan sistem pasar. Pemasaran
atau marketing pada prinsipnya adalah aliran barang dari produsen ke
konsumen. fungsi saluran pemasaran ini sangat penting,khususnya dalam melihat
tingkah harga di masing-masinglembaga pemasaran.
Bentuk
saluran pemasaran dapat dilihat:
Produsen
pedagang pengumpul
pengecer
konsumen konsumen
Bentuk
saluran pemasaran sempurna
produsen
pengecer
konsumen
tengkulak
pedagang besar
eksportir
pedagang
pengumpul
Saluran pada ayam
broiler
Tataniaga
yang terjadi pada suatu komoditas tidak terlepas dari pengaruh struktur pasar
yang terjadi. Di samping itu, pada perdagangan ayam broiler (ras) saluran
tataniaga dipengaruhi juga adanya produk yang dihasilkan secara periodik dan
produsen relatif tersebar. Sebagai konsekuensinya harga daging ayam sangat
dipengaruhi fluktuasi pasokan.
Secara
umum usaha para peternak mandiri ayam broiler, hasil produksinya dijual kepada
para pedagang pengumpul yang terdapat di desa-desa kemudian ke pedagang besar
atau ke pedagang-pedagang pengecer yang berada dalam satu wilayah maupun di
luar wilayah kabupaten.
Peternak
mandiri dalam melakukan penjualan sebagian besar adalah kepada pedagang
pengumpul. Untuk peternak plasma, produksi ayam broiler semuanya dijual kepada
pedagang pengumpul yang ditunjuk perusahaan inti. Para pedagang pengumpul dalam
memperoleh komoditas dagangannya adalah menerima penjualan dari para peternak
yang langsung menjual kepada mereka tetapi yang paling banyak dengan
"sistem jemput bola".
pedagang besar dalam upaya memperoleh
komoditas dagangannya memperoleh pasokan dari para peternak dan pedagang
pengumpul yang langsung datang. Berdasarkan data, terdapat 5 saluran dalam
sistem pemasaran ayam ras pedaging (broiler) yaitu:
Saluran
I : Peternak – P. Pengumpul – P.Eceran – Konsumen
Saluran
II : Peternak – P. Pengumpul –Konsumen
Saluran III : Peternak
– P. Pengumpul – P.Besar – P. Eceran – Konsumen
Saluran IV : Peternak
– P. Besar – P. Eceran– Konsumen
Saluran V :
Peternak – P. Eceran – Konsumen
D. STRATEGI PEMASARAN
1.
Menjalin
hubungan yang baik dengan penjual di pasar
2.
Menjual
secara eceran
3.
Menjalin
kerjasama dengan rumah makan
4.
Menjalin
kemitraan dengan perusahaan yang lebih besar
E.
RANTAI
PEMASARAN
KESIMPULAN :
Menurut kami budidaya ayam broiler ini
menguntungkan dan setelah di tinjau mengunakan analisis SWOT pun juga di
peroleh hasil yang menurut kami menguntungkan karna memang kebutuhan ayam
broiler yang besar di kalangan masyarakat. Walaupun di tinjau dari analisis
SWOT ayam broiler ini memiliki kelemahan antara lain angka kematian yang besar
dan juga harga pakan yang pasang surut membuat peternak sulit memperoleh
keuntungan yang pasti. Namun kelemahan tersebut tertutup dengan kekuatan yang
di antara nya lahan yang mencukupi, transpotasi yang memadai dan juga merupakan
usaha yang mencukupi serta merupakan usaha sampingan yang menguntungkan selain
itu juga terdapat peluang yang menrut kami membuat ayam layak dicoba yaitu
pasar yang kebutuhan ayam potong nya besar dan sebagainnya.
Pengarang: Renata Maichel .2016
Pengarang: Renata Maichel .2016
daftar pustaka nya
BalasHapusnama saya fajar. saya tinggal di bedono di jawa tengah saya berada dalam masalah keuangan yang sangat kronis dan situasi kesehatan terminal beberapa minggu yang lalu. setelah semua pencarian saya untuk bantuan dari teman dan tetangga terbukti gagal, saya merasa tidak ada orang yang benar-benar peduli. saya menjadi sangat lelah karena kurangnya dana untuk mengembangkan bisnis saya dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 tahun juga tidak tampan karena kurangnya perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan. suatu pagi yang setia saya melihat seorang teman lama mendiang suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya alami dan dia berkata satu-satunya cara dia bisa membantu adalah mengarahkan saya ke petugas pinjaman yang baik di AS yang juga membantunya, dia menjelaskan kepada saya tentang bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia didorong oleh petugas pinjaman ini (mr pedro yang memberinya pinjaman 7.000.000 usd dengan tarif terjangkau 2. dia selanjutnya meyakinkan saya bahwa mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman sah yang dia temukan secara online. dia memberi saya email mereka & begitulah cara saya melamar dan juga diberikan pinjaman dan hidup saya berubah untuk selamanya hubungi satu-satunya pemberi pinjaman asli mr pedro melalui email / whatsapp +18632310632 pedroloanss@gmail.com untuk menyelesaikan kekacauan keuangan Anda.
BalasHapus