Rabu, 04 Januari 2017

Strategi Pemasaran Bisnis Toko Online

Bisnis toko online terus bermunculan seiring dengan meningkatnya pengguna internet. Momen ini banyak dimanfaatkan untuk membuat toko online sebagai bisnis sampingan bagi karyawan, mahasiswa, atau ibu rumah tangga.
strategi pemasaran bisnis toko online
Sekarang ini bisnis toko online terus bermunculan seiring dengan meningkatnya pengguna internet. Hal ini menjadi peluang bisnis yang tidak disia-siakan oleh masyarakat luas. Banyak dari mereka yang memanfaatkan momen ini untuk membuat toko online maupun semakin mengembangkan bisnis toko online yang sudah dibangun sebelumnya. Bisnis toko online dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan karyawan, mahasiswa, atau ibu rumah tangga karena keuntungannya sangat menjanjikan.
Kemajuan teknologi yang semakin modern pun turut memberikan banyak manfaat bagi para pemula maupun pelaku bisnis online. Salah satunya dalam mendukung strategi pemasaran untuk menjalankan bisnis online. Strategi pemasaran melalui internet dilakukan untuk memperluas jangkauan pasar. Masyarakat di seluruh penjuru dunia dapat mengenal produk yang dijual di toko online Anda, tanpa harus terjun secara langsung ke daerah. Strategi pemasaran melalui internet perlu dioptimasi dengan tepat agar bisnis toko online Anda bisa dikenal dan ditemukan oleh banyak orang.
Berikut beberapa strategi pemasaran yang diperlukan oleh pelaku bisnis sebagai senjata ampuh dalam menjalankan bisnis toko online mereka.
1. Strategi pemasaran dengan website atau blog
Melalui website toko online atau blog, Anda dapat membuat bisnis toko online seakan-akan dibuka selama 24 jam. Hal penting yang perlu Anda perhatikan dari sebuah website toko online adalah kemampuan dalam menjelaskan secara jelas tentang produk yang dijual. Selain itu, para pelaku bisnis toko online juga harus mengunggah foto dengan kualitas bagus untuk menarik para konsumen sehingga mereka tidak ragu melakukan transaksi pembelian. Jangan lupa juga untuk mencantumkan sebuah konten atau deskripsi produk sebagai informasi yang bermanfaat bagi pengunjung, sehingga mereka tidak enggan berlama-lama di website Anda dan kembali lagi untuk mengunjunginya.
2. Strategi pemasaran dengan mengoptimasi website toko online
Sebagian besar pengguna internet mencari suatu informasi melalui search engine seperti Google, Yahoo dan lain sebagainya sesuai dengan kata kunci yang mereka cari atau inginkan. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan hal tersebut dengan berusaha menjadikan website toko online Anda berada di halaman depan atau di posisi terbaik search engine sehingga potensi pembelian di toko online Anda akan lebih besar. Anda bisa mempelajarinya dengan membaca artikel maupun buku yang khusus membahas mengenai SEO untuk bisnis toko online.
3. Memanfaatkan sosial media
Jejaring sosial atau sosial media merupakan salah satu media yang sangat bagus dan efektif untuk mempromosikan produk toko online Anda. Mengapa demikian? Karena, sekarang ini sebagian besar dari para pengguna internet sudah memiliki akun sosial media seperti twitter, facebook dan lain sebagainya. Sehingga banyak dari para pelaku bisnis yang memanfaatkan situs sosial media tersebut untuk melakukan promosi produk.
4. E-mail marketing
Selain menggunakan sosial media dan website toko online sebagai strategi pemasaran bisnis, para pelaku bisnis juga bisa memanfaatkan email marketing untuk melakukan promosi produk. Cara menginformasikan produk terbaru toko online Anda kepada calon pembeli melalui e-mail dirasa akan lebih tertarget, lebih mudah dan tentunya mengeluarkan biaya yang lebih murah.
5. Komunitas atau forum
Pelaku bisnis toko online dapat menggunakan grup BBM (Blackberry Messenger) sebagai media untuk memasang foto produk. Anda pun harus memberi deskripsi produk secara singkat sehingga informasi mengenai produk yang Anda jual akan lebih cepat dikenal orang dan bisa meningkatkan penjualan toko online Anda.
6. Promosi produk melalui iklan gratis
Iklan gratis sudah banyak tersedia di internet sehingga para pelaku bisnis toko online tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mempromosikan produk. Caranya mudah, pelaku bisnis cukup melakukan registrasi ke situs iklan lalu membuat iklan produk.
Semoga informasi mengenai strategi pemasaran bisnis toko online di atas dapat membantu mengoptimalkan toko online Anda.
Bagi Anda yang ingin belajar lebih lanjut tentang strategi pemasaran Bisnis Toko Online, Anda dapat bergabung dalam Training Toko Online Angkatan ke-7 bersama BisnisUKM! Salam sukses.





Sumber:Suksesbisnisusaha.2016.Strategi Pemasaran Bisnis Toko Online.http://suksesbisnisusaha.com/bisnis-online/strategi-pemasaran-bisnis-toko-online Diakses jam 20:05 tgl 04 Januari 2017

1 komentar: